Minggu, 04 September 2016

Cara Menampilkan Gambar Buku di Opac Slims 8.3


Selamat pagi sahabat SLiMS, Kemarin ada yang tanya lewat inbox ke saya, " bagaimana caranya menampilkan sampul buku di halaman depan OPAC ". Nah kali ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut melalui tulisan saya ini.

Langkah pertama yang perlu anda siapkan adalah buku yang akan di input kedalam SLiMS dan yang kedua adalah scan sampul buku atau yang belum memiliki scan di perpustakaan bisa menggunakan kamera Hp atau sejenisnya.

Baiklah kita akan mulai langkah-langkahnya ..

1. Masuk kedalam SLiMS seperti biasa, kemidian login, lalu pilih Bibliography dan pilih Tambah Blibiografi Baru. Lihat gambar


2. Kemudian akan muncul jendela baru dan anda diminta untuk mengisi semua data ( buku ) yang ada disana. Pada isian kolom terakhir inilah yang menentuka pilihan apakah buku yang anda input gambar sampulnya ditampilkan atau tidak. Namun sebelum itu anda harus meng-Upload gambar sampul buku ke dalam SLiMS. Jika ingin di tampilkan maka klik tanda *Tunjukkan dan Promosikan* pada pilihan disana. lihat gambar.


3. Jika sudah sesuai silahkan klik simpan untuk menyimpan buku yang telah anda input kedalam SLiMS. 

Jika sudah selesai silahkan buka OPAC anda dan lihat hasilnya, sampul buku sudah terlihat di halaman Opac anda...


Silahkan mencoba, semoga bermanfaat ya...


6 komentar :

  1. saya memakai slims 7, dan sudah mencoba tutorial tersebut. namun buku tidak tampil di halaman depan OPAC. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran buku harus sesuai, jika terlalu besar maka tidak akan muncul

      Hapus
  2. Yth. Admin,

    Saya mau tanya bagaimana menghapus "Pattern" pada menu "Item(s) code batch generator" yang sudah terlanjur dibuat banyak. Mohon bantuaannya terima kasih.

    BalasHapus
  3. MHOHON BANTUANNYA MASTER, CARA MENAMPILKAN NO. PANGGIL DAN PENGARANG DI BERANDA OPAC TANPA HARUS MENG KLIK JUDUL GIMANA YA CARANYA?

    BalasHapus
  4. Mohon bantuannya barcode tidak bisa dipindai.gimana ya..?

    BalasHapus
  5. Mohon..bantuannya saya baru belajar slim 8 akasia.coba buat barcode label warna tapi keluarnya warna sama padahal no klasifikasi nya berbeda

    BalasHapus