Senin, 04 Mei 2015

Cara Pasang e-DDC di SLIMS

Selamat malam sobat pustakawan....!!!!

Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang Senayan Library Management System atau yang lebih kita kenal dengan SLIMS (Hendro Wicaksono dkk) dan Electronic - Dewey Decimal Classification atau e-DDC (Rotmianto Mohamad), kedua perangkat ini ternyata sangatlah penting di dunia perpustakaan, tanpa saya sebutkan manfaat dan kegunaannya pasti temen-temen semua sudah paham dengan kedua perangkat hebat ini. Yang jadi pertanyaan adalah "bisa gak sih jika kedua perangkat hebat ini disatukan, biar pengguna SLIMS tidak usah buka-buka banyak aplikasi untuk melihat nomor kliasifikasi?", hmm.....mm...mm.. bisa gak ya...? 

Sahabat SLIMS gak usah khawatir ya... alias don't worry be happy....hehehe koreksi ya klo bahasa inggris saya salah, baru-baru ini Pak Eko Wahyudi dan Pak Mohamad Rotmianto telah berhasil menyelesaikan misinya untuk membantu mempermudah para pustakawan dalam input data ke Senayan Library Management System (SLIMS) dengan menciptakan sebuah plugin e-DDC kedalam SLIMS. Berikut ini saya akan berbagi bagaimana caranya memasang plugin e-DDC kedalam SLIMS, ikuti langkah-langkahnya ya......untuk yang sudah master tolong minggir jauuuuuhhhhhh.....hehehe.


1. Langkah pertama download pluginnya...itu..tu ada di samping....cari aja dech pasti ketemu.. kali ini saya mendownload plugin yang untuk SLIMS 7 karena saya pake SLIMS 7


2. Extract plugin-nya lihat gambar. 




3. Buka hasil extract pluginnya dan copy..



dan paste di folder SLIMS kamu, letaknya di /htdocs/slims/....  lihat gambar 




jika ada peringatan seperti ini tekan "yes"


Jika ada peringatan lagi seperti ini tekan "Copy and Replace"


tunggu sampai proses selesai. 

4. Langkah selanjutnya adalah buka "localhost/phpmyadmin", kalau kamu pakai yang versi SLIMS portable ketik "localhost/pma" dengan username "root" password "psenayan". lihat gambar. 



5. Lahkah terakhir, kamu harus melakukan import content database e-DDC ke database slims, letak contennya di ...../htdocs/nama database/install/ddc_db.sql lihat petunjuk gambar. 


Jika berhasil akan ada tulisan hijau seperti pada gambar dibawah ini. 



Selamat !!!!anda telah sukses instal plugin e-DDC di SLIMS....
Lihat hasilnya di SLIMS kamu, buka Bibliografi klik Tambah bibliografi....





Semoga bermanfaat ya... SELAMAT MENCOBA....eh jangan lupa  tinggalin comment-nya jika menurut kamu artikel ini bermanfaat......

Terima kasih Pak Hendro Wicaksono dkk
Terima kasih Pak Eko Wahyudi dan Pak Mohamad Rotmianto,


SALAM KOMUNITAS SLIMS JEPARA....

8 komentar :

  1. saya sudah mencoba namun erroorr kang mamaf mohon bantuanya

    BalasHapus
  2. saya juga menu CONTENT nya tidak bisa diklik bos, mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. saya juga menu CONTENT nya tidak bisa diklik bos, mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. klo pake Psenayan 8 ada pluginnya nggak??

    BalasHapus
  5. minta link Plugin eDDC Slims 8, ditunggu terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencari Plugin eDDC di group FB tidak ketemu..

      Hapus