Rabu, 19 Agustus 2015

Cara Instal addons e-DDC di Firefox



Bertepatan pada Kemerdekaan RI yang ke 70 kemarin Tim e-DDC telah memberikan sebuah kado yang sangat luar biasa khususnya kepada kita pengelola perpustakaan, betapa tidak beliau  Mas Rotmianto, selaku pembuat e-DDC Edition 23, Mas Imam Nurul Hidayat selaku verifikator penomoran konten e-DDC mulai e-DDC Edition 23 dan Mas  E̳̿k̳̿o̳̿ W̳̿a̳̿h̳̿y̳̿u̳̿d̳̿i̳̿  selaku pembuat plugin + addons telah berhasil memodifikasi e-DDC versi Add-ons.

Setelah berhasil menciptakan Plugin e-DDC for SLiMS pada 2 Mei 2015 lalu, pada tanggal 17 Agustus 2015 beberapa hari yang lalu Beliau ini berhasil mengembangkan sebuah terobosan baru untuk memudahkan pengguna e-DDC dengan menciptakan Add-ons e-DDC for Firefox. Mas Rotmianto mengatakan bahwa Add-ons e-DDC for Firefox ini bisa digunakan saat online maupun offline, pada kesempatan yang sama Mas  E̳̿k̳̿o̳̿ W̳̿a̳̿h̳̿y̳̿u̳̿d̳̿i̳̿ juga berharap bahwa semoga e-DDC dapat semakin memberikan sumbangsih bagi kemajuan dunia perpustakaan di Indonesia. Lebih dari itu, Team e-DDC juga berharap kelak notasi DDC dapat menjadi warisan dunia yang bebas digunakan siapa saja, sebagaimana halnya warisan dunia lainnya, seperti sistem irigasi Subak di Bali, Tabel Periodik Unsur Kimia, Tabel Logaritma, dan sebagainya. Sungguh sangat luar biasa, JEMPOL....JEMPOL...dan JEMPOL buat beliau bertiga. Sukses selalu untuk Tim e-DDC. 

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tutorial bagaimana caranya menginstal dan menggunakan Add-ons e-DDC for Firefox ini, berikut adalah caranya. 

Langkah pertama adalah kita harus menginstal add-ons e-DDC dengan cara klik INSTAL e-DDC, maka anda akan dibawa ke jendela baru firefox, seperti gambar di bawah ini. 


 lalu klik + add to Firefox pada kolom nomer 1 maka akan keluar jendela baru di bawahnya kemudian klik Add to Firefox pada gambar kolom nomer 2, tunggu beberapa saat sampai keluar box seperti gambar dibawah 


kemudian klik Instal, tunggu beberapa saat hingga instal selesai dan muncul logo e-DDC di menu pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini


Nah jika instalan anda benar, dan logo sudah muncul itu artinya add-ons e-DDC ciptaan Tim e-DDC siap untuk digunakan... Cukup Mudah bukan?

Untuk cara penggunaannya kita cukup klik pada logo e-DDC yang telah kita instal lalu akan muncul jendela seperti pada gambar dibawah ini,

 Cukup gampang kan?
Selamat mencoba ya.....


Demikian sedikit tutorial tentang cara instal add-ons e-DDC semoga bermanfaat buat kita semua, dan mari kita sama-sam mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Team e-DDC Rotmianto Mohamad, E̳̿k̳̿o̳̿ W̳̿a̳̿h̳̿y̳̿u̳̿d̳̿i̳̿  dan Mas Imam Nurul Hidayat, kami tunggu kejutan dari anda. 

Salam Komunitas Slims Jepara

1 komentar :

  1. Tolong diupdate
    untuk Firefox versi 46.0 tidak bisa

    Validasi menghasilkan terlalu banyak kesalahan/peringatan sehingga 1485 pesan terpotong. Setelah menyampaikan pesan yang terlihat, Anda akan bisa melihat yang lain.

    BalasHapus